MF-Static Routing

 Static Routing

Apa Itu Routing?
Gambar Ilustrasi

    Menurut Amelia Shinta (2022) Sederhananya, routing adalah proses pengiriman data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Ada dua jenis routing yang banyak digunakan, yaitu routing statis dan dinamis.

    Menurut Achmad Farid (2022) Routing merupakan hal yang sangat penting dalam dunia jaringan. Seperti disebutkan di atas, routing adalah proses mentransfer paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.

Proses ini juga dapat dipahami sebagai penggabungan beberapa jaringan untuk mentransfer paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

    Dari Kesimpulan Kedua pendapat tersebut sepakat bahwa routing adalah proses untuk mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Terdapat dua jenis routing yang banyak digunakan, yaitu routing statis dan dinamis.

Selain itu, Achmad Farid juga menekankan pentingnya routing dalam dunia jaringan, karena routing memungkinkan penggabungan beberapa jaringan untuk mentransfer paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa routing adalah proses penting dalam jaringan yang memungkinkan pengiriman paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui penggabungan beberapa jaringan, dan terdapat dua jenis routing yaitu routing statis dan dinamis.

Apa Itu Routing Static
    Menurut Bambang (2020) Routing Static adalah jenis routing yang dilakukan admin/pengelola jaringan untuk mengkonfigurasi informasi tentang jaringan yang dituju secara manual. Ciri-ciri routing statis adalah sebagai berikut: jalur spesifik ditentukan oleh admin jaringan. pengisian tabel routing dilakukan secara manual oleh admin jaringan.

    Menurut Eril Obeit Choiri (2020) Routing statis (Static Routing) adalah proses setting router jaringan menggunakan tabel routing yang dilakukan secara manual saat melakukan konfigurasi.

    Kedua pendapat yang disampaikan oleh Bambang dan Eril Obeit Choiri secara umum sejalan, bahwa Routing Static adalah jenis routing yang dilakukan dengan konfigurasi manual oleh admin/pengelola jaringan. Pada Routing Static, jalur spesifik ditentukan oleh admin jaringan dan tabel routing juga diisi secara manual oleh admin jaringan. Hal ini berbeda dengan jenis routing dinamis yang melakukan pemilihan jalur secara otomatis menggunakan protokol routing tertentu. Meskipun ada beberapa perbedaan kecil dalam penyampaian, kesimpulan utama dari kedua pendapat adalah Routing Static dilakukan secara manual oleh admin jaringan.

Praktikum Routing Static

    Berikut adalah langkah-langkah routing static di MikroTik:
  1. Pertama-tama, buka Winbox ke perangkat MikroTik Anda.
  2. Pilih menu "IP" pada sidebar kiri, kemudian pilih "Address" lalu masukan IP 192.168.20.2/30(IP ini tergantung gateway nya kita harus tahu dulu gateway nya).


  3. Pilih menu "IP" pada sidebar kiri, kemudian pilih "Routes".
  4. Klik tombol "+", lalu masukkan informasi routing yang dibutuhkan, seperti berikut:
  5. Gateway: alamat gateway dari jaringan yang terhubung dengan jaringan tujuan yaitu 192.168.20.1.
  6. Distance: prioritas rute statik yang lebih rendah akan memiliki prioritas yang lebih tinggi saya mengunakan default yaitu 1 karena hanya memakai 1 ISP.
  7. Setelah mengisi informasi routing, klik "OK" untuk menyimpan rute statik, dan lihat apakah statusnya sudah reachebele.

  8. Lakukan langkah langkah yang sama di Router 2 ke router ISP.
  9. Lalu uji rute statik dengan ping ke jaringan tujuan untuk memastikan bahwa rute statik berfungsi dengan baik dengan ping ke gateway.


Catatan:
  • Terminal Sebelah kiri dari Router 2 ke Router 1
  • Terminal Sebelah kanan dari Router 2 ke Router ISP
Itulah langkah-langkah dasar untuk mengonfigurasi routing static di MikroTik. Pastikan Anda telah memahami tujuan dan dampak dari setiap rute statik yang Anda buat sebelum menambahkannya ke router Anda.


Daftar Pustaka

Shinta, Amelia. 2022. Perbedaan Routing Statis dan Dinamis: Panduan Lengkap.https://www.dewaweb.com/blog/perbedaan-routing-statis-dan-dinamis/ Diakses Pada 08.54 WIB

FaridAchmad. 2022. Perbedaan Routing Statis dan Dinamis Secara Lengkap.https://www.exabytes.co.id/blog/perbedaan-routing-statis-dan-dinamis/ Diakses Pada 08.54 WIB

Bambang. 2020. Perbedaan Routing Statis dan Dinamis Secara Lengkap.https://smkm11tapteng.sch.id/wp-content/uploads/2020/03/TJBL.pdf Diakses Pada 08.54 WIB

Obeit Choiri, Eril.2020. Mengenal Perbedaan Routing Statis dan Dinamis Mengenal Perbedaan Routing Statis dan Dinamis.https://qwords.com/blog/perbedaan-routing-statis-dan-dinamis/ Diakses Pada 08.54 WIB

JAYA KOMPUTERAGUNG. 2016. Cara setting static routing pada Mikrotik.https://www.youtube.com/watch?v=mWTR2OBT3Po Diakses Pada 08.54 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LF - Perintah Dasar Sistem Operasi Linux (Debian 11/CentOS Stream 8)

Dinamic Routing (Default Route, RIPv2, EIGRP, dan OSPF)

Tugas TLJ