LF-Repository Sistem Operasi Linux

Repository Sistem Operasi Linux

Repository
    Menurut H.G. Ramadhan (2020) Repositori Linux adalah lokasi penyimpanan tempat sistem Anda mengambil dan menginstal pembaruan dan aplikasi OS. Setiap repositori adalah kumpulan perangkat lunak yang di-host di server jauh dan dimaksudkan untuk digunakan untuk menginstal dan memperbarui paket perangkat lunak pada sistem Linux.

    Menurut Efendi (2021) Repository atau  yang biasa disingkat repo merupakan sebuah alokasi ruang atau tempat untuk penyimpanan aplikasi yang memiliki jumlah ratusan atau bahkan mencapai ribuan yang bisa diakses melalui internet.
Jika kita mengambil contoh repository yang ada pada Ubuntu, maka kita akan menemukan bahwa akan ada 4 area. Keempat area tersebut antara lain:
  1. Main: software yang memperoleh dukungan secara resmi
  2. Restricted: software yang memperoleh dukungan namun tidak sepenuhnya bebas dari lisensi. Itu artinya, akan ada software gratis dan berbayar
  3. Universe: software ini dikelola oleh para komunitas Ubuntu
  4. Multiverse: software yang tidak gratis (berbayar)
    Kesimpulan dari kedua pendapat tersebut adalah bahwa repositori Linux adalah tempat penyimpanan aplikasi dan paket perangkat lunak pada sistem Linux yang di-host di server jauh dan dapat diakses melalui internet. Repositori terdiri dari berbagai area seperti Main, Restricted, Universe, dan Multiverse, yang masing-masing memiliki jenis software yang berbeda. Area Main adalah software yang didukung secara resmi, Restricted adalah software yang didukung namun tidak sepenuhnya bebas dari lisensi, Universe adalah software yang dikelola oleh komunitas Ubuntu, dan Multiverse adalah software yang berbayar.

Daftar Pustaka

Efendi. 2021. Apa itu Repository? Mengenal Pengertian Repository.https://www.nesabamedia.com/pengertian-repository/ Diakses Pada 09 Mei 2023 Pukul 13.10 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LF - Perintah Dasar Sistem Operasi Linux (Debian 11/CentOS Stream 8)

Dinamic Routing (Default Route, RIPv2, EIGRP, dan OSPF)

Tugas TLJ