LF - Instalasi Sistem Operasi Linux (Debian 11)

 Instalasi Sistem Operasi Linux (Debian 11)
Gambar Logo Debian
Sumber:https://www.debian.org/index.id.html

Debian
    Menurut Achmad Farid (2022) Debian adalah sistem operasi yang tersedia secara bebas untuk pengguna. Karena bersifat open source, Anda dapat berpartisipasi dalam pengembangan sistem operasi ini. OS ini menggunakan kernel Linux sebagai dasar dari sistem operasinya.

    Menurut M Ali Maksum (2022) Debian adalah sistem operasi yang disediakan secara gratis untuk penggunanya. Karena sifatnya yang open source, kamu pun bisa ikut mengembangkan sistem operasi ini. Debian menggunakan kernel Linux sebagai basis sistem operasinya.

Berbagai aplikasi (perangkat lunak) untuk komputer bisa kamu dapatkan secara gratis pada Debian. Mulai dari aplikasi untuk keperluan mengedit teks, gambar, video, sampai ke video game.

Fitur-fitur yang ada pada Debian menjadikan Debian sebagai salah satu distro terdepan saat ini. Untuk urusan server, Debian juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan ternama.

    Kesimpulan dari pernyataan Achmad Farid dan M Ali Maksum tentang Debian adalah bahwa Debian adalah sistem operasi yang tersedia secara bebas dan gratis untuk pengguna, dan karena bersifat open source, siapa pun dapat berpartisipasi dalam pengembangan sistem operasi ini. Debian menggunakan kernel Linux sebagai dasar dari sistem operasinya dan menyediakan berbagai aplikasi gratis untuk komputer, termasuk untuk keperluan mengedit teks, gambar, video, dan video game. Debian memiliki fitur-fitur yang menjadikannya sebagai salah satu distro terdepan saat ini dan telah banyak digunakan oleh perusahaan ternama untuk urusan server.

Praktik Instalasi
    Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Debian 11 dengan VirtualBox:
  1. Pertama, pastikan Anda telah mengunduh file ISO Debian 11 dari situs resminya.

  2. Buka VirtualBox dan klik tombol "New" untuk membuat mesin virtual baru.

  3. Berikan nama untuk mesin virtual Anda dan pilih "Linux" sebagai jenis sistem operasi dan "Debian (64-bit)" sebagai versi. Klik "Next".

  4. Tentukan jumlah memori RAM yang akan dialokasikan untuk mesin virtual. Disarankan setidaknya 2 GB RAM. Klik "Next".

  5. Pada jendela "Hard disk", pilih opsi "Create a virtual hard disk now" dan klik "Create".

  6. Pilih jenis hard disk virtual yang ingin Anda gunakan dan klik "Next".

  7. Pilih apakah Anda ingin membuat hard disk virtual yang baru atau menggunakan yang sudah ada. Jika Anda memilih opsi "Create new hard disk", ikuti instruksi untuk membuat hard disk virtual baru. Jika Anda memilih opsi "Use existing hard disk", pilih hard disk virtual yang ingin Anda gunakan.

  8. Masukan Jumlah yang di inginkan minimal 10Gb, dan klik crate

  9. Setelah hard disk virtual selesai dibuat atau dipilih, pilih mesin virtual di jendela utama VirtualBox dan klik "Settings".

  10. Pada jendela "Settings", pilih "Storage" dan klik ikon "Empty" di bawah "Controller: IDE". Klik ikon "Choose Virtual Optical Disk File" dan pilih file ISO Debian 11 yang telah Anda unduh sebelumnya.

  11. Klik "OK" untuk menutup jendela "Settings" dan kembali ke jendela utama VirtualBox. Klik "Start" untuk mulai menginstal Debian 11.
  12. Pilih Menu Install di debian 11, dan enter

  13. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan selama instalasi dan klik "Enter".

  14. Selesaikan Step nya sampai selesai.

  15. Tunggu sampai ke menu membuat user root dan user biasa.

  16. Ikuti instruksi instalasi Debian 11. Pastikan Anda memilih opsi "Guided - use entire disk" saat diminta memilih metode partisi hard disk. Setelah selesai, restart mesin virtual.

  17. Tunggu Debian Membuat Partisi Sampai Selesai.

  18. Lalu Pilih Aplikasi Yang Dibutuhkan contoh saya hanya membutuhkan SSH dan Web Server saja.

  19. Lalu pilih yes setelah ada permintaan install Grub looder.

  20. Setelah mesin virtual dimulai kembali coba login sebagai root.

  21. Debian 11 sudah berhasil diinstal di mesin virtual Anda.

Daftar Pustaka

Farid, Achmad. 2022. Apa Itu Debian? Pengertian, Kelebihan dan Cara Menggunakan [Lengkap].https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-debian/ Diakses Pada 10 Mei 2023 Pukul 09.54 WIB

Ali Maksum, M. 2022. Apa Itu Debian? Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya.https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-debian/ Diakses Pada 10 Mei 2023 Pukul 09.54 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LF - Perintah Dasar Sistem Operasi Linux (Debian 11/CentOS Stream 8)

Dinamic Routing (Default Route, RIPv2, EIGRP, dan OSPF)

Tugas TLJ