MA - Hotspot (Server, Profil, User, dll) dan Usermanager

Hotspot

Hospot
Gambar Ilustrasi
Sumber www.kachwanya.com

    Menurut Mira (2017) Dengan menggunakan Mikrotik sebagai Hotspot, anda dapat mengkonfigurasi jaringan wireless yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu. Anda juga dapat melakukan manajemen terhadap user-user tersebut. Misalnya, mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi berapa besar data yang dapat di download tiap user, mengatur konten apa saja yang boleh diakses user, dll.

    Menurut Widiasari Kusuma (2012) Hotspot adalah suatu koneksi jaringan wireless yang tersedia dan siap pakai, dimana pengguna 
dengan perangkat WLAN yang compatible, dapat terhubung ke Internetatau private intranet. Hotspot, atau 
yang lebih dikenal sebagai Wi-Fihotspot tersusun atas perangkat atau komponen WLAN, server, dan ISP bila 
terhubung ke Internet.

    Jadi Kesimpulanya Hotspot mikrotik adalah salah satu jenis hotspot yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet atau intranet secara nirkabel dengan menggunakan username dan password. Hotspot mikrotik juga memberikan kemampuan untuk mengelola user-user yang terhubung, seperti membatasi waktu, bandwidth, dan konten yang dapat diakses oleh user. Hotspot mikrotik merupakan salah satu solusi untuk menyediakan layanan internet publik yang aman dan terkontrol.

Server Hospot Mikrotik
    Menurut CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI (2015) Router Mikrotik memiliki banyak fitur, salah satu fitur yang cukup populer dan banyak digunakan adalah Hotspot. Kita sering menemukan sinyal internet wifi yang di password. Jadi jika ingin mengakses wifi tersebut harus tahu password-nya terlebih dahulu. Namun berbeda dengan Hotspot, kebanyakan wifi hotspot tidak di password dan semua user bisa connect dan akan diarahkan ke halaman login di Web Browser. Tiap user bisa login dengan username dan password yang berbeda-beda. Metode semacam inilah yang sering kita temukan di Kampus,  wifi Cafe, Sekolah, Kantor, maupun area publik lainnya.

Sebenarnya hotspot tidak hanya bisa diaplikasikan untuk jaringan wireless saja, namun juga bisa untuk jaringan kabel. Kelebihan Hotspot adalah kita dapat mengkonfigurasi jaringan yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu. Kita juga dapat melakukan manajemen terhadap user-user tersebut. Misalnya, mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi berapa besar data yang dapat di download tiap user, mengatur konten apa saja yang boleh diakses user, dll.

    Kesimpulannya bahwa Router Mikrotik memiliki fitur hotspot yang populer dan banyak digunakan di berbagai tempat seperti kampus, wifi cafe, sekolah, kantor, dan area publik lainnya. Hotspot merupakan metode yang berbeda dengan wifi yang di-password, dimana semua user bisa connect dan diarahkan ke halaman login di Web Browser dengan username dan password yang berbeda-beda. Hotspot tidak hanya bisa diaplikasikan untuk jaringan wireless saja, tetapi juga untuk jaringan kabel dengan kelebihan dapat mengkonfigurasi jaringan yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu serta melakukan manajemen terhadap user-user tersebut, seperti mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi besar data yang dapat di download tiap user, dan mengatur konten yang boleh diakses oleh user.

UserManager

    Menurut CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI (2013) UserManager merupakan fitur AAA server yang dimiliki oleh Mikrotik. Sesuai kepanjangan AAA (Authentication, Authorization dan Accounting), UserManager memiliki DataBase yang bisa digunakan untuk melakukan autentikasi user yang login kedalam network kita, memberikan kebijakan terhadap user tersebut misalnya limitasi transfer rate, dan juga perhitungan serta pembatasan quota yang dilakukan user kita nantinya.

UserManager ini akan memudahkan kita yang ingin membuat layanan internet publik secara luas, misalnya hotspot-hotspot di cafe, mall, hotel dan sebagainya, karena dengan menggunakan UserManager ini kita cukup membuat 1 account user, dan account user tersebut bisa digunakan atau diakses dari router-router Hotspot yang sudah kita pasang.

Informasi service yang bisa kita simpan dalam database UserManager meliputi:
  1. HotSpot users.
  2. PPP (PPtP/PPPoE) users.
  3. DHCP Lease.
  4. Wireless AccessList.
  5. RouterOS users.

    Dari dokumentasi artikel ini menjelaskan tentang UserManager, fitur AAA server yang dimiliki oleh Mikrotik, yang memiliki database untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan akuntansi pengguna yang masuk ke dalam jaringan. UserManager dapat memudahkan pembuatan layanan internet publik secara luas, seperti hotspot di cafe, mall, atau hotel, karena hanya perlu membuat satu akun pengguna yang dapat diakses dari router hotspot yang terpasang. Informasi layanan yang dapat disimpan dalam database UserManager meliputi pengguna HotSpot, PPP (PPtP/PPPoE), DHCP Lease, Wireless AccessList, dan RouterOS.

    

Praktikum
    langkah-langkah konfigurasi hotspot di Mikrotik:
  1. Buka aplikasi Winbox dan login ke router Mikrotik Anda.
  2. Pilih menu IP, kemudian pilih submenu Hotspot.

  3. Pada tab Hotspot Setup, klik tombol Setup.
  4. Setelah itu, isikan nama hotspot di kolom Hotspot interface dan pilih interface yang ingin di gunakan contoh saya ingin mengunakan (wlan2).

  5. Lalu klik next sampai kemenu dns name dan beri dns sesuai keinginan.
  6. Pada tab Server Profiles, pilih opsi hotspot aktifkan.
  7. Lalu buat user profile baru dengan memberi user batas kecepatan 512k dengan ikuti cara di bawah ini.

  8. Lalu masuk ke menu user untuk membuat user hospot, dan isi sesuai yang kita buat di atas.

  9. Jika Anda ingin memberikan akses internet kepada user yang terautentikasi di hotspot, maka Anda harus membuat NAT rule dan firewall rule. Pada menu IP, pilih submenu Firewall, kemudian tambahkan aturan firewall yang mengizinkan traffic dari user hotspot menuju internet.

  10. Terakhir, klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi hotspot.
  11. Cek apakah hospot sudah berfungsi.

  12. Test Speedtest di user.
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka konfigurasi hotspot di Mikrotik dapat dijalankan dengan baik dan siap untuk digunaka


Daftar Pustaka

Kusuma, Widiasari. 2012. JARINGAN HOTSPOT BERBASIS MIKROTIK MENGUNAKAN METODE OTENTIKASI PENGGUNA (USER).https://jurnal.um-palembang.ac.id/senergi/article/download/1032/895 Diakses Pada 10 April 2023 Pukul 12.11 WIB

Mira. 2017. Cara Membuat Hotspot di Mikrotik : Setting dasar Hotspot Mikrotikhttps://blog.unnes.ac.id/mira/2017/02/09/cara-membuat-hotspot-di-mikrotik-setting-dasar-hotspot-mikrotik/ Diakses Pada 10 April 2023 Pukul 12.11 WIB

Solusi Teknologi, Citraweb. (2015). Setting Dasar Hotspot Mikrotik.https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=125 Diakses Pada 11 April 2023 Pukul 08.17 WIB

Solusi Teknologi, Citraweb. (2013). Integrasi Hotspot dengan User Manager.https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=46 Diakses Pada 11 April 2023 Pukul 09.01 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LF - Perintah Dasar Sistem Operasi Linux (Debian 11/CentOS Stream 8)

Dinamic Routing (Default Route, RIPv2, EIGRP, dan OSPF)

Tugas TLJ