CF - Switching (VLAN, Trunking, Access, InterVLAN, dan STP)

 Switching (VLAN, Trunking, Access, InterVLAN, dan STP)

Apa itu VLAN?
Gambar Ilustrasi VLAN
Sumber https://deepublishstore.com/wp-content/uploads/2022/04/fungsi-vlan.jpg

    Menurut Yusuf Abdhul (2022) VLAN merupakan jaringan lokal virtual yang penting karena meliputi kompleksitas jaringan yang telah melampaui kapasitas jaringan area lokal (LAN). VLAN ini diciptakan untuk menghindari keterbatasan fisik dari LAN melalui sifat virtualnya. Yang mana VLAN ini memungkinkan organisasi melakukan skala jaringan dengan segmentasi dan keamanan yang lebih baik.

    Menurut Alvana Noor Fariza (2021) VLAN merupakan jaringan lokal virtual yang penting karena meliputi kompleksitas jaringan yang telah melampaui kapasitas jaringan area lokal (LAN). VLAN ini diciptakan untuk menghindari keterbatasan fisik dari LAN melalui sifat virtualnya. Yang mana VLAN ini memungkinkan organisasi melakukan skala jaringan dengan segmentasi dan keamanan yang lebih baik.

    Kesimpulanya VLAN (Virtual Local Area Network) adalah jaringan lokal yang penting karena dapat mengatasi kompleksitas jaringan yang melampaui kapasitas jaringan area lokal (LAN). VLAN diciptakan untuk menghindari keterbatasan fisik dari LAN melalui sifat virtualnya, sehingga memungkinkan organisasi untuk melakukan skala jaringan dengan segmentasi dan keamanan yang lebih baik.

Apa Itu Trunk dan Apa Itu Trunking Pada Sebuah Jaringan?
Gambar Ilustrasi Trunk
Sumber https://markey.id/wp-content/uploads/2020/07/trunk-adalah.jpg


    Menurut Wiroto (2020) Trunk adalah mekanisme yang digunakan untuk membentuk sebuah internetwork atau Internet yang terdiri dari jaringan area lokal (LAN), LAN virtual (VLAN) ataupun jaringan area luas (WAN). Switch merupakan perangkat yang  bertugas untuk melakukan trunking pada suatu jaringan. Karakter yang paling menonjol dari  Trunking adalah tidak terbatas pada media apapun karena tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan bandwidth yang tersedia.

    Menurut Appkey (2020) Trunk adalah komunikasi yang dirancang untuk membawa banyak sinyal secara bersamaan dengan tujuan untuk menyediakan akses jaringan antara dua titik. Jika mengacu pada istilah komunikasi, trunking atau trunk adalah sebuah konsep di mana sistem komunikasi mampu menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan saling berbagi satu set garis (aturan) atau frekuensi, artinya tidak diberikan secara individual.

    Kesimpulanya Trunk adalah mekanisme yang digunakan untuk membentuk jaringan internet yang terdiri dari LAN, VLAN, atau WAN. Switch digunakan untuk melakukan trunking pada jaringan. Trunking mengutamakan pemaksimalan bandwidth yang tersedia dan tidak terbatas pada media tertentu. Trunking juga didefinisikan sebagai komunikasi yang dirancaj untuk membawa banyak sinyal secara bersamaan untuk menyediakan akses jaringan antara dua titik dengan cara berbagi satu set garis atau frekuensi secara bersama-sama.

Port mode Access

    Menurut Girvan (2017) Acces Port (port akses) adalah port yang hanya bisa dilewati oleh 1 vlan saja. itulah mengapa mode access biasanya diset ke end device. mode access bisa saja di set antara 2 switch jika memang benar2 hnya dilewati oleh 1 vlan saja. Pada access port, semua frame nya adalah untagged. Artinya tidak akan ada penambahan VLAN tag pada ethernet frame jika masuk dan keluar melalui port ini. hal ini dikenal dengan untagged frame/ untagged vlan.

    Menurut Ikramlik (2019) Access adalah penghubung antara satu client dan client lain nya dalam satu jaringan atau satu vlan yang sama. Agar satu client dapat terhubung dengan client lainnya dengan satu jaringan yang sama maka gunakanlah port mode access, ini juga berfungsi untuk membatasi antara jaringan yang menggunakan banyak vlan, dalam kata lain access membatasi lalu lintas antara vlan satu dengan vlan lainnya.

    Kesimpulan dari kedua pendapat tersebut adalah bahwa port akses adalah port yang hanya dapat dilewati oleh satu VLAN saja. Mode akses digunakan untuk menghubungkan satu client dengan client lain dalam satu jaringan atau VLAN yang sama dan juga untuk membatasi lalu lintas antara VLAN yang berbeda. Semua frame yang melewati port ini dikenal sebagai frame tanpa tag atau VLAN tanpa tag.

InterVLAN
    Menurut Numan Musyaffa (2020) Teknologi Inter-VLAN merupakan jaringan secara virtual untuk melakukan pembagian jaringan dalam satu perangkat yang sama, sehingga dapat berkomunikasi dengan jaringan yang berbeda walaupun secara fisik berada dalam satu segmen yang sama.

    Menurut Wahyu Pria Purnama (2020) Inter-VLAN Routing adalah proses meneruskan lalu lintas jaringan dari satu VLAN ke VLAN yang lain. Terdapat 3 opsi Inter-VLAN Routing, yaitu:

  • Legacy Inter-VLAN Routing. Merupakan cara lama yang kurang efisien karena setiap VLAN harus terhubung ke satu interface pada Router.
  • Router-On-a-Stick Ini adalah solusi alternatif untuk skala jaringan yang kecil hingga menengah.
  • Menggunakan MLS (Multi Layer Switch) dengan SVI. Merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk skala jaringan menengah keatas.
    Dapat disimpulkan bahwa teknologi Inter-VLAN adalah cara untuk membagi jaringan dalam satu perangkat yang sama, sehingga dapat berkomunikasi dengan jaringan yang berbeda walaupun secara fisik berada dalam satu segmen yang sama. Inter-VLAN Routing adalah proses meneruskan lalu lintas jaringan dari satu VLAN ke VLAN yang lain, dengan tiga opsi yaitu Legacy Inter-VLAN Routing, Router-On-a-Stick, dan menggunakan MLS dengan SVI. Legacy Inter-VLAN Routing merupakan cara lama yang kurang efisien, Router-On-a-Stick ini adalah solusi alternatif untuk skala jaringan yang kecil hingga menengah, sedangkan menggunakan MLS dengan SVI adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk skala jaringan menengah keatas.

Spanning Tree Protocol (STP)
Gambar Ilustrasi STP

    Menurut Erfan Wahyudi (2020) Spanning Tree Protocol (STP) adalah layanan yang memungkinkan LAN switch dan LAN bridge terinterkoneksi secara berlebih dengan cara menyediakan mekanisme untuk mencegah loop yang tidak diinginkan dalam jaringan yang terjadi pada bridge. Tanpa adanya STP, pada frame Ethernet akan terjadi loop untuk periode tak terbatas di dalam waktu jaringan dengan link berlebihan secara fisik. Untuk mencegah loop pada frame Ethernet, STP memblok beberapa port dari frame Ethernet  sehingga hanya satu jalur yang aktif ada di antara setiap pasang segmen LAN (collision domain). Hasil STP adalah loop frame Ethernet tidak terbatas yang membuat LAN dapat digunakan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Redundant link tidak untuk keseimbangan beban, karena hanya satu link aktif. Cara kerja Spanning Tree Protocol adalah menggunakan algoritma spanning tree yang secara otomatis menemukan topologi jaringan dan membentuk suatu jaringan tunggal yang optimal melalui suatu bridge jaringan dengan menugasi fungsi-fungsi yang ada pada setiap bridge. STP Menghentikan terjadinya loo-loop network pada network layer 2 (bridge atau switch). STP secara terus menerus memonitor network untuk menemukan semua link, memastikan bahwa tidak ada loop yang terjadi dengan cara mematikan semua link yang redundant. STP menggunakan algoritma yang disebut Spanning Tree Algorithm (STA) untuk menciptakan sebuah topologi database, kemudian mencari dan menghancurkan link-link redundant. Dengan menjalankan STP, frame-frame hanya akan diteruskan pada link-link utama yang dipilih oleh STP.

    Menurut Ramadhan Yoga (2017) Spanning Tree Protocol atau disingkat STP adalah protokol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya looping pada proses pengiriman data. STP biasanya digunakan jika switch memiliki dua jalur atau lebih untuk menuju ke satu tujuan yang sama.

    Kesimpulan dari kedua pendapat tersebut adalah bahwa Spanning Tree Protocol (STP) adalah layanan yang digunakan untuk mencegah terjadinya loop pada jaringan yang terjadi pada bridge atau switch. STP menggunakan algoritma spanning tree yang secara otomatis menemukan topologi jaringan dan membentuk jaringan tunggal yang optimal melalui bridge dengan menugasi fungsi-fungsi yang ada pada setiap bridge. STP memonitor jaringan secara terus menerus untuk menemukan semua link dan memastikan bahwa tidak ada loop yang terjadi dengan cara mematikan semua link yang redundant. Redundant link tidak digunakan untuk keseimbangan beban, karena hanya satu link aktif yang dipilih oleh STP. STP digunakan untuk mencegah terjadinya looping pada proses pengiriman data dan biasanya digunakan jika switch memiliki dua jalur atau lebih untuk menuju ke satu tujuan yang sama.

Praktikum
1.VLAN+mode Access
    Langkah-langkah membuat VLAN:
  1. Buka Cisco Packet Tracer dan buat topologi jaringan sesuai kebutuhan.


  2. Masuk ke mode global dengan mengetik "enable" dan menekan Enter.
  3. Masuk ke mode konfigurasi VLAN dengan mengetik "configure terminal" dan menekan Enter.
  4. Buat VLAN baru dengan mengetik "vlan [nomor VLAN]" dan menekan Enter. Contoh: "vlan 10"
  5. Beri nama pada VLAN dengan mengetik "name [nama VLAN]" dan menekan Enter. Contoh: "name hadi10"

  6. Tambahkan port ke VLAN yang baru dibuat dengan mengetik "interface range [nomor port]" dan menekan Enter. Contoh: "interface range fa0/1-2 atau di singkat int range fa0/1-2"

  7. Masuk ke mode konfigurasi port dengan mengetik "switchport mode access" dan menekan Enter.
  8. Tambahkan port ke VLAN yang telah ditentukan dengan mengetik "switchport access vlan [nomor VLAN]" dan menekan Enter. Contoh: "switchport access vlan 10"

  9. lalu ketik ex untuk keluar dari interfaces VLAN 10
Kita juga dapat membuat VLAN lain dengan mengulangi langkah-langkah di atas dan memberikan nomor VLAN yang berbeda.

2.VLAN Mode Trunk
    membuat VLAN trunk di Cisco Packet Tracer, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Cisco Packet Tracer dan buat topologi jaringan yang diinginkan.


  2. Masuk ke mode konfigurasi global dengan mengetik "en dan conf t" di prompt.
  3. Buat VLAN baru dengan mengetik "vlan [nomor VLAN]" di prompt, kemudian tekan enter.
  4. Atur nama VLAN dengan mengetik "name [nama VLAN]" di prompt, kemudian tekan enter.
  5. Pada port trunk yang akan digunakan, masuk ke mode konfigurasi interface dengan mengetik "interface [nama port]" di prompt, kemudian tekan enter.


  6. Konfigurasikan port sebagai trunk dengan mengetik "switchport mode trunk" di prompt, kemudian tekan enter.

  7. Tambahkan VLAN yang akan ditrunkkan pada port dengan mengetik "switchport trunk allowed vlan [nomor VLAN]" di prompt, kemudian tekan enter.

  8. Keluar dari mode konfigurasi interface dengan mengetik "exit" di prompt.
  9. Konfigurasi semua switch dengan cara yang sama hanya saja port mode trunk nya saja yang beda  

  10. Test VLAN dengan ping satu persatu vlan 10,20,30

Catatan: Langkah-langkah ini merupakan contoh umum dan mungkin perlu disesuaikan dengan konfigurasi jaringan yang spesifik.

InterVLAN
    Untuk membuat InterVLAN di Cisco Packet Tracer, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Cisco Packet Tracer dan buat topologi jaringan yang diinginkan.
  2. Lanjutkan Konfigurasi yang di buat di atas tadi
  3. Tambahkan Router Di tengah

  4. Konfigurasi semua vlan,mulai dari vlan 10,20,30,40,50,60 pada router dengan perintah
  5. Ubah semua pc mengikuti gatway yang di buat di router tadi

  6. Test ping beda vlan vlan 10 ke vlan 20 vlan 10 ke 30 dan sebaliknya

     
Catatan:
Router(config)#interface fa0/0.10 (untuk masuk ke vlan,di sini saya contohkan vlan 10)

Router(config-subif)#encapsulation dot1Q 10(agar vlan terhubung satu sama lain dari vlan 10,20,30,40,50,60. saya contohkan hanya vlan 10)

Router(config-subif)#ip address 192.168.1.20 255.255.255.0 (memberi ip pada vlan 10)

Switch#switchport trunk allowed vlan 10,20,30,40,50,60 (memberi akses ke vlan yang di tuluis)


STP
    Untuk mengkonfigurasi STP (Spanning Tree Protocol) di Cisco Packet Tracer, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Cisco Packet Tracer dan buat topologi jaringan yang diinginkan.
  2. Buat minimal 3 switch masing-masing ada yang jadi root bridge, root port, Desaignated port,Block Port. Konfigurasi ini otomatis dari switch cisco sendiri.
  3. Kita konfigurasi IP semua Router agar terhubung

  4. Lalu gunakan metode RIP V2 untuk routing semua router dengan perintah"router rip" dan ketik "version 2"

  5. Atur parameter STP seperti "Bridge Priority"  sesuai kebutuhan.

  6. Jika lebih dari 3 switch yang terhubung maka akan otomastis akan ada yang jadi Root bridge dan Root port,cara melihatnya ketik perintah "sh spanning-tree"

  7. Test Semua konfigurasi dengan tracert

    Perlu diingat bahwa untuk mengkonfigurasi STP di dunia nyata, Anda harus menggunakan perintah CLI (Command Line Interface) daripada melakukannya melalui antarmuka grafis seperti di Packet Tracer.
Catatan:

Root bridge(Switch yang meneruskan paket)
Root port(Switch yang menjalankan STP)
Desaignated port(Port yang akan meneruskan paket)
Block Port(Port yang stanbay)

Link download file pka:Download via Google Drive

Daftar Pustaka
Noor Fariza, Alvana. 2021.Mengulas VLAN untuk Meningkatkan Kinerja Jaringan Anda.https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-vlan/ Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Abdhul, Yusuf. 2022.Apa itu VLAN? Kenali Pengertian Fungsi, dan Jenisnya.https://deepublishstore.com/apa-itu-vlan/ Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Wiroto. 2020.Pengertian Trunk Serta Fungsi Dan Jenisnya!.https://www.ayokonfig.com/2022/07/pengertian-trunk-serta-fungsi-dan.html Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Appkey. 2020.Pengertian Trunk : Fungsi dan Penjelasan tentang Trunk Link.https://markey.id/blog/technology/trunk-adalah Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Girvan. 2017.Pengertian Port Acces Dan Port Trunk pada manageable switch.https://g-networker.blogspot.com/2017/10/pengertian-port-acces-dan-port-trunk.html Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Ikramlik. 2019.Perbedaan mode Trunk dan Access.https://www.ikramlink.com/2019/11/perbedaan-mode-trunk-dan-access.html Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Pria Purnama, Wahyu. 2020.Apa itu Inter-VLAN Routing?.https://dosenit.com/jaringan-komputer/apa-itu-inter-vlan-routing Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Musyaffa, Numan. 2020.Implemetasi Access Inter-VLAN Menggunakan Router.https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/insantek/article/download/9250/pdf#:~:text=Teknologi%20Inter%2DVLAN%20merupakan%20jaringan,dalam%20satu%20segmen%20yang%20sama. Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Wahyudi, Erfan. 2020.PENERAPAN SPANNING TREE PROTOCOL UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LOOPING PADA FRAME ETHERNET.https://ojs.utmmataram.ac.id/index.php/explore/article/view/358 Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Yoga, Ramadhan. 2017.Apa Itu Spanning Tree Protocol.https://www.diaryconfig.com/2017/08/apa-itu-spanning-tree-protocol.html Diakses pada 24 Januari 2023 Pukul 08.30WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LF - Perintah Dasar Sistem Operasi Linux (Debian 11/CentOS Stream 8)

Dinamic Routing (Default Route, RIPv2, EIGRP, dan OSPF)

Tugas TLJ